BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Di era modern, hal-hal
yang berbau teknologi informasi merupakan sesuatu yang mudah mendapatkan fokus
dan penerimaan dari masyarakat modern. Facebook sebagai suatu trend
terbaru di masyarakat modern telah mendapatkan tempat yang istimewa bagi 200-an
juta penggunanya, karena kemudahan dan keunggulan-keunggulan lainnya. Di satu
sisi, masyarakat modern yang tampil dikatakan mengungguli masyarakat
tradisional, ternyata memilih untuk meninggalkan rasionya dan menggunakan
emosinya dalam ber-facebook. Tidak hanya itu, tetapi dampak yang
ditimbulkan feacebook ternyata sudah membuat resah beberapa pihak
dikarenakan ‘candu’ yang diberikannya. Oleh karena itu, menarik untuk disimak
bagaimana masyarakat modern menyikapi fenomena facebook sebagai bagian
dari budaya modern.
Makalah berikut disusun
berdasarkan keingintahuan penyusun untuk membandingkan hubungan yang terjadi
antara fenomena facebook dan masyarakat modern serta dampak sosial yang
ditimbulkannya bagi masyarakat modern itu sendiri.
Facebook sebagai fenomena
telah dengan cepat mengungguli beberapa situs-situs pertemanan global seperti friendster,
myspace, hi5, dsb. Situs-situs pertemanan tersebut, tidak lain dan tidak
bukan, bertujuan mempromosikan diri dan teman-teman yang dimilikinya ataupun
orang lain yang dapat menjadi teman, baik dalam dunia nyata maupun dunia cyber.
Kepopuleran facebook
antara lain didukung oleh tampilannya yang sederhana namun menggugah, yaitu
berisikan informasi-informasi tentang teman-teman kita, hal-hal yang mereka
pikirkan, foto-foto dan kemampuan untuk melakukan pembicaraan secara langsung.
Atas dasar itulah,
kebanyakan yang menjadi fokus utama dari situs-situs pertemanan tersebut antara
lain: komentar-komentar atas hal-hal aktual yang sedang terjadi, baik di
masyarakat maupun diantara hubungan pertemanan mereka, foto-foto atau
gambar-gambar yang dapat di-upload kemudian diberikan komentar oleh
teman-temannya untuk menunjukkan ketertarikan ataupun hanya sekedar komentar
lucu, beberapa aplikasi penunjang seperti game-game online yang dapat dimainkan
bersama-sama secara simultan ataupun kuis-kuis yang dapat memberikan sedikit
pencerahan mengenai kepribadian penggunanya
ataupun mereka yang diajak untuk mengikuti kuis-kuis tersebut.
Masyarakat
modern, tidak dapat dipungkiri senang dan menerima terhadap penemuan-penemuan
baru, mereka menyikapi hal-hal baru dengan antusias tidak seperti masyarakat
tradisional yang keukeh berpegang pada ajaran dan tradisi yang
diwariskan turun-temurun, tanpa memiliki kemampuan untuk menyanggah ataupun
mempertanyakannya. Facebook telah mendapat hati di masyarakat modern
karena selain fungsinya yang memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern
atas hal-hal yang baru, ia juga menjawab kebutuhan dasar setiap manusia sebagai
makhluk sosial yaitu kebutuhan untuk berteman.
Walaupun
demikian, beberapa pihak telah memberikan kritik negatif atas kehadiran facebook
yang mereka anggap sudah menjadi ‘candu’ bagi beberapa orang sehingga membuat
mereka mengalami penurunan produktivitas. Hal yang sedikit banyak
mengkhawatirkan karena akan memiliki pengaruh yang buruk tidak hanya bagi facebookers1, tetapi juga bagi orang-orang
disekitarnya yang mengalami kesulitan komunikasi karena dominasinya yang begitu
kuat dalam diri para facebookers mania.
B.
Rumusan Masalah
1. Pengertian Facebook
2. Dampak Positif dan Negatif dari
Facebook
3. Tujuan Pengguna Facebook
4. Perbedaan dengan Perangkat Lain dari
Facebook
5. Pertama Kali yang Menemukan Facebook
6. Manfaat Facebook
7. Sejarah Facebook
8. Langkah-langkah Menggunakan Facebook
C.
Tujuan Makalah
Sesuai dengan perumusan
masalah di atas, makalah ini bertujuan memberikan informasi, pengetahuan dan
atau wawasan keilmuan khususnya tentang keberadaan jejaring sosial facebook
yang sekarang ini menjadi kesibukan utama banyak kalangan baik tua, muda,
laki-laki maupun perempuan.
D.
Manfaat Makalah
1.
Memberi
kontribusi keilmuan menyangkut wawasan tentang jejaring sosial kepada pembaca
khususnya siswa SMAN 1 Kempo kelas XI yang sedang menekuni materi TIK.
2.
Menambah
wawasan keilmuan pribadi penyusun dalam pembelajaran TIK.
3.
Memotivasi
diri penyusun untuk terus mengkaji informasi-informasi menyangkut TIK.
4.
Mengajak
seluruh pembaca lebih khusus teman-teman agar terus menggali ilmu tidak hanya
di sekolah, tetapi juga mencari sumber belajar di luar sekolah.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Facebook
Facebook berasal dari olah pikir seorang
mahasiswa sarjana psikologi tahun kedua dari Universitas Harvard di Amerika
Serikat yang sedang mencoba menghilangkan kegelisahannya tentang seorang gadis.
Dengan menggunakan Facemash, Mark Zuckerberg pada Oktober 2003 meng-hack,
dan kemudian menyalin semua identitas mahasiswa Harvard yang memungkinkan
mereka untuk diadu dengan kampus-kampus lainnya, dalam menentukan siapa yang
lebih keren diantara mereka.
"But one thing is
certain, and it’s that I’m a jerk for making this site. Oh well. Someone had to
do it eventually ... ".
Zuckerberg kemudian mem-forward
situs hasil rekayasanya ke kampus-kampus lain dan dalam beberapa hari ditutup
oleh administrator kampusnya. Tidak hanya itu, ia juga menghadapi tuntutan atas
pelanggaran keamanan cyber kampus, pelanggaran hak cipta dan hak atas
privasi yang mana memungkinkan untuk vonis pengeluaran dirinya dari Harvard.
Pada semester selanjutnya,
ia membuat dan mendaftarkan situs www.thefacebook.com yang sudah menjadi
pembicaraan utama di lingkungan kampusnya. Tidak hanya itu, dengan bantuan
beberapa teman-temannya di program magister seperti Eduardo Saverin (business
aspects), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (graphic
artist), dan Chris Hughes (marketing), mereka telah berhasil
memindahkan markas mereka dari Harvard ke Palo Alto, California dalam waktu 2
tahun.
Selanjutnya mereka membeli domain www.facebook.com
seharga USD 200 ribu dengan keanggotaan yang tersebar dari kampus-kampus di
Amerika Utara dan Kanada, sampai membuka markas internasional mereka di Dublin,
Irlandia 2 tahun setelahnya.
Pada prinsipnya, dari
penggunaan yang terbatas pada lingkungan kampus telah dengan cepat berkembang
menjadi bagi “siapapun yang berumur lebih dari 13 tahun dan memiliki alamat
email yang valid”, dari yang merupakan hasil keisengan seorang mahasiswa
menjadi lahan bisnis yang menggiurkan dan membuat Zuckerberg menjadi miliader
di usianya yang baru 25 tahun dan dari yang lokal menjadi global, merupakan
beberapa alasan yang menyebabkannya menjadi suatu fenomena, karena dengan lebih
dari jutaan orang yang mengakses situs
tersebut setiap detiknya, maka menimbulkan suatu histeria tersendiri bagi
masyarakat modern.
Kemajuan teknologi
komunikasi telah menyebabkan kita tidak perlu bersusah-payah mengirimkan surat
lewat pos (walaupun hal tersebut masih lumrah dilakukan) kemudian menunggu
balasannya dalam beberapa hari atau pekan. Dengan facebook, yang salah satu
fitur favoritnya disebut dengan istilah wall, seseorang dapat dengan
mudah menuangkan isi hatinya kepada orang yang ditujunya dalam hitungan detik;
dan menerima komentar balasan, yang apabila diinginkan oleh si penerima
komentar, dalam hitungan detik.
Tidak dapat dipungkiri
bahwa suatu perkembangan dalam peradaban manusia pasti akan memberikan dampak
yang memajukan dan pasti memburukkan, disadari atau tidak, dikehendaki atau
tidak. Jadi, selain dapat mempromosikan diri sendiri dan teman-teman yang
dimilikinya, facebook pun telah mendapat banyak kritik yang antara lain
diakibatkan karena rentannya situs-situs pertemanan semacam ini dengan gangguan
data-miner yang ingin mengumpulkan sebanyak-banyaknya data (termasuk didalamnya
data pribadi) facebookers untuk dijadikan dasar riset marketing terhadap trend
apa yang sedang berkembang dimasyarakat; karena sekali lagi jumlah 200 juta
adalah pasar yang menggiurkan bagi beberapa perusahaan raksasa yang memang
tujuan utamanya adalah meraup keuntungan semaksimal mungkin dengan melakukan
pengorbanan yang seminimal mungkin.
Contoh nyata adalah
kerjasama yang telah dibangun oleh Microsoft Corp. yang pada prinsipnya
bekerjasama dalam bentuk kepemilikan saham facebook oleh Microsoft dengan
imbalan hak khusus Microsoft untuk beriklan di situs www.facebook.com.
B.
Dampak Positif dan Negatif
Jadi, dampak sosial yang
ditimbulkan oleh adanya facebook, selain dari jumlah pengikutnya yang
hampir mencapai total penduduk negara kita, Republik Indonesia dalam jangka
waktu kurang dari 10 tahun, dapat saya bagi menjadi positif dan negatif.
- Dampak positif facebook:
a. menjembatani hubungan pertemanan, facebook
menjadi salah satu media untuk menyalurkan hasrat dasar manusia sebagai makhluk
sosial yaitu untuk berteman.
b. membangun rasa percaya diri, butuh
kepercayaan diri yang kuat untuk dapat berteman dengan mudah dan facebook
telah memberikan kuncinya.
c. meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan
facebookers atas hal-hal yang aktual dengan lebih cepat dan akurat,
karena biasanya informasi yang beredar belum tentu sepenuhnya benar, maka facebook
memampukan anggotanya untuk saling bertukar informasi yang mana merupakan
keharusan dan kehausan masyarakat modern (informasi)
- Dampak negatif facebook:
a. menuntut perhatian penuh dari
penggunanya, disadari atau tidak facebook telah menjadi hampir sama
dengan rokok: sehari tanpa facebook rasanya ada yang kurang, dan itu
mulai dialami sendiri oleh penulis
b. mengambil alih hubungan pertemanan
yang sesungguhnya, yaitu bertemu muka, bercakap-cakap dan memperhatikan gesture
seseorang untuk menentukan arah percakapan; sedangkan yang ditawarkan facebook
hanyalah huruf dan angka serta beberapa emoticon7
c. menurunkan produktivitas,
d. menghabiskan waktunya yang sia-sia
e. mengupdate profile, foto, menulis di
wall, baik miliknya ataupun milik temannya dengan hal-hal yang sia-sia
f. bermain game online, yang seringkali
dipergunakan oleh para pria sia-sia untuk mencari wanita sia-sia juga, untuk
diajak berkenalan (membangun hubungan yang sia-sia)
g. ajang promosi produk sia-sia, dalam
hal ini produk yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan tetapi keberadaannya
diminati orang banyak, seperti blackberry, iphone, dll.
h. mengupayakan agar waktu yang
dimilikinya menjadi waktu yang sia-sia agar dapat mengakses facebook
miliknya
C. Tujuan
Pengguna
Facebook yang didirikan dari ketidaksengajaan
dan kesengajaan seorang pemuda ternyata mampu menjadi fenomena yang menarik
untuk disimak dalam konteks masyarakat modern. Kehadirannya lebih dari sekedar
pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri yang menurut Abraham Maslow5
adalah tingkat kebutuhan tertinggi manusia, tetapi juga merupakan suatu momen
bagi masyarakat modern untuk mempertanyakan hubungannya dengan sesama.
Setelah membuka sendiri account
di facebook maka kita akan memahami tujuan terpenting dalam facebook
antara lain:
·
hubungan
yang terjalin antara facebookers, lebih mengarah atas dasar kedekatan
emosi yaitu saling mendukung atau sekedar membuat lelucon
·
seringkali,
berdasarkan pengamatan terhadap teman-teman yang menggunakannya, facebookers
justru mengakses account milik temannya daripada memperindah accountnya
sendiri
·
tidak
dapat dipungkiri juga bahwa ‘kegilaan’ terhadap facebook telah memunculkan mereka-mereka
yang narsis6, merasa seakan-akan semua perhatian tumpah kepadanya,
apalagi dengan tampilan-tampilannya yang
dapat diatur sesuka hati
Terlepas dari
kepopulerannya tersebut, akan ada suatu saat penurunan baik kuantitas maupun
kualitas facebook karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang
bosan. Jadi selagi belum ada hal-hal baru, yang sebenarnya juga termasuk lama,
ditemukan maka facebook akan masih tetap menjadi situs pertemanan global
yang paling dicari orang untuk saat ini.
D. Kelebihan
dan Kekurangan Facebook
1. Kelebihan
Beberapa keunggulan atau kelebihan
facebook:
a.
Clean
Layout, layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak
gampang ditemukan.
b.
No
advertising, tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki
block atau feature yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak
akan menyangka itu adalah iklan.
c.
Network,
pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utam kita berdasarkan
negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang berada di
Indonesia.
d.
Group,
berbeda dengan Friendster yang mengharuskan kita membuat account untuk
komunitas atau sekolah di Facebook kita bisa membuat group dimana group ini
memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti
diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.
e.
Photo
Album, kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori.
Dan fantastisnya jumlah foto tidak dibatasi alias unlimited.
f.
Selling,
Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke
pengguna lainnya. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan buletin.
g.
Event,
kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita ingin pengguna lain tahu.
Misalnya ada party, atau launching produk kita bisa mengisi event dan pengguna
lain bisa melihatnya. Di friendster lagi-lagi cuma bisa masuk di bulletin.
h.
Status
update, kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi dirumah,
trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain.
Jadi kita bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
i.
Mobile
access, fitur yang sangat mobile. Kita bisa update status, add friend, atau
kegiatan di Facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS
Banking.
j.
Mobile
Browsing, bisa mengakses website Facebook langsung dari handphone kamu. Dengan
tampilan yang disesuaikan kondisi handphone akses lebih mudah dan cepat
dibanding mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone.
k.
Anti
Fake account and Spam, Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account
palsu dan spam. Untuk mendaftar dengan nama yang bisa dicurigai account palsu
kita harus mengirim request ke email untuk dibuatkan account oleh technical
support Facebook. Untuk tiap aksi posting maka kita harus mengisi CAPTCHA untuk
mencegah spam, bila tidak ingin terus menggunakan CAPTCHA, kita bisa
menverifikasi account dengan mengirim konfirmasi ke HP kita dan kemudian
mengisi form verifikasi sesuai kode yang dikirim ke account kita.
l.
Develop
your Facebook widget, kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil
kita menggunakan API dari Facebook platform. Bisa buat game, feed reader, dan
aplikasi lainnya.
m.
Bandwith
yang dipakai tidak terlalu besar, sehingga Surf di Facebook lebih cepat
daripada di Friendster.
n.
Tag
Photo dengan fitur ini, maka saat foto bersama, sesama pengguna facebook bisa
“tagging” atau menandai orang lain yang ada dalam foto tersebut, dan akan
terkirim ke facebook orang yang di tag.
o.
Banyak
game bagus yang bisa langsung dimainin di facebook langsung. Selain itu Top
quality girl dah pada pindah haluan ke Facebook.
2. Kekurangan
Ada kelebihan, ada pula kekurangannya.
Kekurangan Facebook menurut orang Indonesia:
a.
Pada
saat sign up terkadang membingungkan para pengguna yang awam.
b.
Karena
banyaknya fitur sehingga buat user yang masih awal pasti merasa bingung.
c.
Aplikasinya
tidak dibatas, sehingga banyaknya aplikasi yang dipasang membuat beberapa orang
jengkel karena harus lama meload halaman. Selain itu menurut beberapa orang
mengalami kesulitan ketika join aplikasi.
d.
Banyaknya
invitasi aplikasi terkadang membuat beberapa orang jengkel.
e.
Facebook
kurang friendly sama orang yang suka gonta ganti background dan layout.
Sehingga terasa lebih monoton.
f.
Pengguna
Facebook di Indonesia masih sedikit jika dibandingkan Friendster.
g.
Facebook
masih terasa exclusive sehingga belum merakyat seperti Friendster.
h.
Mengekslorasinya
masih belum sebebas friendster.
E. Perbedaan
Facebook Dengan Situs Jejaring Sosial Lainnya
1.
Facebook
vs Twitter
Ada beberapa perbedaan yang mendasar
tentang Facebook dan Twitter. Salah satu yang mungkin cukup signifikan adalah
perbedaan dalam hubungan antara setiap individu dalam kedua situs jejaring
sosial tersebut.
Pada Facebook, hubungan sosial antara
dua individu bersifat komutatif. Maksudnya, jika si A berteman dengan si B,
sudah pasti si B juga berteman dengan si A. Berbeda dengan Facebook, Twitter
menggunakan sistem following-follower. Pengertian following adalah orang-orang
yang kita ikuti update statusnya, sedangkan follower adalah orang-orang yang
mengikuti update status kita. Pada sistem ini, jika si A follow (mengikuti) si
B, maka si B tidak harus selalu mengikuti si Si B bisa memilih sendiri
siapa-siapa yang ingin dia ikuti update statusnya.
Jadi perbedaannya, kalau Facebook kan
biasanya untuk hubungan personal dengan teman kita, sedangkan Twitter biasanya
lebih ke untuk mendapatkan informasi“.
2.
Facebook
vs Friendster.
Facebook memiliki kelebihan dibanding
friendster, yaitu terdapat banyak aplikasi-aplikasi yang memungkinkan pihak
ketiga menambahkan aplikasi-aplikasi baru, sedangkan friendster tidak.
Kelebihan lain yang dimiliki oleh friendster tapi tidak dimiliki oleh facebook
adalah kemampuan untuk mengganti layout atau background sesuai keinginan kita.
Dan memang banyak sekali perbedaannya antara FS dan FB. Antara lain yang sampai
saat ini aku perhatikan: Facebook itu lebih ringan dan cepat ketika Kita buka
profile seseorang, ini karena di facebook tidak ada yang namanya komentar
dengan gambar-gambar animasi yang bikin berat loading halaman atau file musik
yang menjadi background seperti di FS. Masalah komentar, FB berbeda dengan FS,
Kalo di FS komentar atau testi itu nampak seperti yang kasih komentar dulu yang
pertama menyapa itu, lalu Kita menjawab / membalasnya dengan mengisi komentar
di FS dia itu. Nah, kalo di FB, Kita ini bisa menulis status kita pada hari
itu, pada saat itu juga, misal, Kita menulis status Kita “Saya sedang dalam
perjalanan ke Bulan, asyik euy…” misalnya. Nah, nanti itu, semua orang yang
masuk dalam daftar teman Kita dapat melihat status Kita dan memberi komentar
langsung. Dan Kita pun dapat langsung menjawab komentar-komentar meraka
langsung di bawahnya.
3.
Facebook
vs Website/Blog
Website adalah kumpulan dari
halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau
subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet.
Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text
Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol
yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para
pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut
dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.
Halaman-halaman dari website akan bisa
diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur
halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun,
hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan
memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini
berjalan.
Beberapa website membutuhkan
subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau
keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis,
situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa
mengakses situs tersebut.
Blog merupakan singkatan dari “web
log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat
sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali
dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang
lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya
dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari
si pengguna blog tersebut.
dalam perkembangannya sebuah webiste
sering kali bersifat statis dan aplikatif, sedang sebuah blog bersifat dinamis
dan personal menurut opini saya.
Pengertian Facebook – Dewasa ini
penggunaan situs jejaring sosial sebagai media berinteraksi sosial secara
online sudah begitu meluas bahkan mendunia. Banyak manfaat yang bisa didapat
dengan bergabung dalam situs jejaring sosial seperti facebook ini. Diantaranya
dapat berkoneksi dengan teman, baik itu teman baru atau lama, keluarga, dll tanpa
terhalang oleh jarak tempat.
Selain itu, kita juga bisa
memanfaatkan banyak fitur hiburan yang tersedia secara gratis. Diantaranya
quiz, games, chat, dan masih banyak yang lainnya. Game yang menjadi favorit
facebooker diantaranya Texas Hold’em Poker (Zynga Poker), Farmville, dll.
Bagi para remaja, facebook juga
difungsikan sebagai ajang narsis biar eksis. Diantaranya dengan mengupload
koleksi foto pribadinya yang biasanya tak jarang merupakan hasil editan. Bagi
yang tak suka narsis dan eksis biasanya lebih suka menggunakan avatar atau
gambar binatang lucu untuk foto profilnya. Sekedar info, untuk mengedit foto
secara online ataupun membuat avatar silahkan anda kunjungi halaman berikut
daftar situs edit foto online.
F. Sejarah
Dan Perkembangan Facebook
Facebook adalah sebuah social
networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa
Harvard yang bernama Mark Zuckerberg. Mark Elliot Zuckerberg atau Mark
Zuckerberg lahir lahir pada 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester County, New
York, Amerika Serikat (AS).
Asal mula Facebook berawal ketika Mark
Zuckerberg (saat itu mahasiswa semester II Harvard University) membuat sebuah
situs kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi
dari situs Hot or Not
menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan dua
foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini akan
dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling “hot”. Untuk
menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya dengan segala
cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling ‘door-to-door’ untuk
meminta foto.
Saking nekatnya, Zuckerberg membobol
akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Namun
aksi ini diketahui pihak kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs
Facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman
akan memecatnya dari kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan). Atas
tindakannya itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan pihak
kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya, namun sayang
mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak
popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti
juga akan ada orang lain yang membuat situs serupa”.
Tidak kapok, pada semester berikutnya,
tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs baru
bernama “The Facebook” yang beralamat URL: http://www.thefacebook.com. Untuk
situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus
yang ingin membuat media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh
waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa
mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.2
Saat pertama kali diluncurkan “The
Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh
menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari
setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan
Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim thefacebook.com.
Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer),
Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes.
Bulan maret 2004, thefacebook.com
mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah
kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy League. Tak butuh
waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir semua kampus di AS
dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan
markas ke Palo Alto, California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam
D’Angelo dan Sean Parker.
Pertengahan 2004, thefacebook.com
mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.
Bulan Mei 2005, thefacebook.com
mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel Partners. Tanggal
23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka dari
Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the”
tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.
Pada tahun 2005 ini juga, facebook
telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di tahun
yang sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan
Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.
Awal tahun 2006, Facebook diisukan
akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750 juta, bahkan
tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini tak terbukti. Pada
bulan April 2006, Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil
investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners.
Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di
pertengahan tahun, gilliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006,
Facebook merubah status registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik
alamat email
valid di seluruh dunia.
Bulan September 2007, Microsoft
mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar. Dalam
pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki
hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah
pemain raksasa lain seperti Google,
Viacom,
Friendster
juga mengungkapkan minat mereka
untuk berinvestasi di Facebook.
Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo!
telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang
miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di
Facebook.
Pada Agustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah
ikut menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar
antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar.
G. Cara
Menggunakan Facebook
Setelah membuat account Facebook ,
lalu apa yang akan kita lakukan selanjutnya?
Masukkan id (email dan kata sandi)
yang telah terdaftar seperti yang ditunjuk pada gambar berikut :
Oke deh. Sekarang kita akan membahas
antarmuka Facebook, “memahami apa saja yang ada” pada facebook ini. Sekarang,
kita akan masuk ke account facebook kami. Ini lah tampilan halaman facebook
setelah login :
Tampilan Home/beranda Facebook
Ada dua elemen dasar yang selalu ada
di setiap halaman facebook :
1. Menu Utama di atas halaman, elemennya (dari kiri ke kanan) :
·
Home/Beranda
- link menuju
halaman home / utama
·
Profile
- link menuju
profile anda
·
Friends/teman-teman
- link menuju
halaman berisi daftar teman anda, lengkap dengan status update-nya
·
Inbox
- link menuju
kotak pesan pribadi anda. Anyway, jika ada pesan baru di inbox anda, sebuah
popup berisi jumlah pesan baru yang masuk dan belum terbaca akan muncul.
·
Nama
Anda – Link
menuju halaman profile anda, seperti link profile
·
Settings/pengaturan
- Link menuju
halaman pengaturan, dimana anda bisa men-setting account facebook anda, mulai
dari merubah data pribadi, menambah atau meninggalkan networks, pengaturan
notifikasi (e-mail yang dikirim ke alamat anda berisi update kegiatan account
facebook anda), pengaturan dan pengaturan facebook mobile, dan pengaturan
bahasa
·
Logout
/keluar- Link
untuk sign out (keluar) dari facebook
·
Form
pencarian/kotak pencarian –
Kotak untuk mencari facebook/account teman.
2. Menu aplikasi yang “menempel” di bagian bawah browser (dari kiri ke kanan)
·
Application
box – berisi
daftar aplikasi yang di bookmark / terinstall dengan account facebook anda.
Klik box ini, maka daftar aplikasi tersebut akan muncul, seperti ketika anda meng-klik
icon start di sudut kiri bawah windows
·
5
bookmarked application icon
– ikon 5 aplikasi teratas yang anda bookmark. Untuk menentukan 5 ikon yang akan
tampil di menu aplikasi anda, cukup dengan klik appliaction box yang paling
kiri itu, lalu di drag and drop ke urutan 5 dari atas, di bawah title
bookmarks. Jika anda mengklik icon tersebut, anda akan dibawa ke halaman
applikasi tersebut
·
Facebook
Chat ( Online Friends ) -
Di sebelah kanan, ada aplikasi facebook chat yang menunjukan ada berapa teman
dalam friendlist anda yang sedang terhubung dengan facebook dan bisa anda ajak
chatting via facebook chat. Klik, sebuah list berisi daftar teman akan muncul,
terus klik seorang teman untuk diajak chat. lalu chatting. Easy, right?
·
Notification
- klik, maka
sebuah daftar berisi notifikasi aktifitas terakhir yang berhubungan dengan anda
akan muncul . Sangat bermanfaat, seperti melihat apakah ada seseorang yang
mengisi dinding anda, dll.
·
Chat
Setting - Untuk
mengatur profile chatting anda. seperti membuat fitur chat berada di halaman
sendiri yang terpisah agar lega, atau ingin berselancar di facebook tapi
offline di facebook chat? bisa diatur disini :
3. Elemen yang ada di halaman HOME, halaman pertama yang terbuka setelah login ke facebook :
Status Updates
Seperti
Shout pada friendster, namun lebih berguna. Ketika anda menupdate status anda,
status yang lama tidak hilang begitu saja melainkan “diarsipkan” dan masih bisa
diakses. Makanya kalau bercandaan kami sih, ini fitur microblogging-nya
facebook.
Feed
yang berlokasi di “area utama” halaman home, dibagi kedalam beberapa tab,
berdasarkan tipenya
News Feed
Feed
aktifitas anda dan teman – teman yang ada di friendlist anda. Misalkan seorang
teman anda baru saja menambahkan seseorang ke dalam friendlistnya, anda akan
mengetahuinya karena “berita aktivitas-nya” akan muncul disini. Salah satu
lahan promosi anda nih
Status Updates (Feed-nya)
Ini
dia twitter dalam facebook. LOL di tab ini, anda dapat mengetahui status
terakhir dari teman – teman yang berada di friendlist anda, dan memberikan
komentar kepada status mereka.
Photos
Feed
dari aktivitas foto album anda dan teman – teman dalam friendlist anda. Upload
foto terbaru, atau teman anda dan anda yang di tag ke dalam satu album
Posted Items
Feed
item – item yang dipost oleh teman anda. (mulai saat ini, teman – teman dalam
friendlist kami singkat menjadi teman ada. agar tidak capek membacanya ). Link, Notes, Photos,
Videos, pokoknya item yang dipost, pemberitahuannya ada disini.
Live Feed
Kurang
lebih seperti News Feed, bedanya konetn Live Feed lebih ke aktifitas terakhir
yang di lakukan teman anda
icon more
Belum
cukup dengan feed – activity yang ada> Anda bisa menambahkan feed berisi
kabar aktifitas lainnya di facebook!
Sekarang kita bergerak ke sidebar :
Request
Jika
ada permintaan, entah permintaan menjadi teman atau ajakan menggunakan aplikasi
terbaru, akan anda dapati “peringatan”nya disini
Application
Link
menuju halaman Application yang anda bookmark.
Invite Your Friends
Kesepian
di facebook? Undang teman – teman anda yang masih mendiami the old frienster
dengan mengirimkan e-mail undangan anda. Klik, masukan alamat e-mail
teman-teman anda, dan biarkan facebook mengirimkan mereka undangan bergabung
Pokes
poke,
arti harafiahnya “colek”. coba lihat profile teman anda, di bawah avatar
utamanya. Misalkan nama teman anda Anto, ada link “poke Anto”? Yep, poke
merupakan fitur untuk itu. Misalkan anda mengunjungi profile seseorang, dan
sekedar ingin memberitahukan pemilik profile tersebut bahwa anda mengunjungi
profilenya, dari pada post wall yang tidak nyambung lebih baik di “poke”. Pokes
yang ada di halaman home ini menunjukan orang – orang yang mem-poke anda
Birthdays
Sesuai
namanya, mengabarkan jika anda teman anda yang berulang tahun
People You May Know
Aplikasi
yang menganalisa jaringan friendlist anda, merekomentasikan orang lain yang
mungkin anda kenal berdasarkan hal tersebut.
4. Sekarang masuk ke halaman PROFILE. Tampilan halaman PROFILE :
Menu
utama di atas dan menu aplikasi yang menempel di bawah browser tetap sama,
namun kontennya berbeda. Garis besarnya, kita dapat mengatakan bahwa halaman
profile facebook ini terdiri dari tiga kolom :
·
Kolom
sidebar di sebelah kiri
·
Kolom
utama yang berada di tengah
·
Kolom
advertise di sebelah kanan
Kolom paling kiri berisi avatar utama, link kirim pesan, personal
information, daftar teman, dan aplikasi – aplikasi yang ditampilkan di profile
Kolom di tengah berisi “main content” dari halaman profile yang
disajikan dalam bentuk tab : Tab Wall yang berisi update status dan feed
kegiatan anda sendiri, Tab Info yang berisi informasi personal mengenai diri
anda, Tab Photos yang berisi foto yang anda upload DAN foto orang lain yang di
tag dengan nama anda, serta foto – foto yang dikumpulkan menjadi photo album,
tab boxes yang berisi aplikasi yang anda bookmark, dan tab + untuk menambahkan
tab baru di profile anda
Kolom di sebelah kanan, berisikan advertising.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Facebook berasal dari olah pikir seorang mahasiswa
sarjana psikologi tahun kedua dari Universitas Harvard di Amerika Serikat yang
sedang mencoba menghilangkan kegelisahannya tentang seorang gadis. Dengan
menggunakan Facemash, Mark Zuckerberg pada Oktober 2003 meng-hack,
dan kemudian menyalin semua identitas mahasiswa Harvard yang memungkinkan
mereka untuk diadu dengan kampus-kampus lainnya, dalam menentukan siapa yang
lebih keren diantara mereka.
Tujuan terpenting dalam
facebook antara lain:
·
hubungan
yang terjalin antara facebookers, lebih mengarah atas dasar kedekatan
emosi yaitu saling mendukung atau sekedar membuat lelucon
·
seringkali,
berdasarkan pengamatan terhadap teman-teman yang menggunakannya, facebookers
justru mengakses account milik temannya daripada memperindah accountnya
sendiri
·
tidak
dapat dipungkiri juga bahwa ‘kegilaan’ terhadap facebook telah memunculkan
mereka-mereka yang narsis6, merasa seakan-akan semua perhatian
tumpah kepadanya, apalagi dengan
tampilan-tampilannya yang dapat diatur sesuka hati
B.
Saran
dan Kritik
Facebook
adalah jejaring
sosial yang menawarkan hubungan interaksi maya antara orang perorang,
kelompok/group dengan group lainnya. Di mana di dalamnya terdapat fitur-fitur
penting yang dapat kita ambil manfaatnya, dan ada pula hal-hal yang berbau
negatif yang perlu kita hindari. Oleh karena itu, perlu kiranya kita mengenal
seluk beluk facebook itu sendiri dan bagaimana penggunaannya agar bermanfaat
bagi kita sendiri.
DAFTAR PUSTAKA
Supriyadi,
Eko. 2010. Teknologi Informasi dan
Komunikasi. Pusat Perbukuan Kemdikbud. Jakarta
BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG
ReplyDeleteNama saya Amisha dari bogor di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp500,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 24 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 24 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.
Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah FANCY LOAN COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.
Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Suzan bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah tanpa agunan.
Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang Anniesa Hasibuan perusahaan mode saya
Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
Ibu Suzan email: (Suzaninvestment@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (Amisha1213@gmail.com), dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).