KISAH CINTA SMA

Cinta Yang Tak Mencintai?
Oleh: Shohibul kafi
Bintang-bintang menghiasi malam, Nampak dengan warna keindahan, cahayanya menerpa disela-sela kamar. Kesunyian membuat hati kian gelisah tiada henti. jarum jam menunjuhkan pukul 03:00 malam ia pun terbangung dari bayang-bayang yang mengajaknya berlabu dalam asmara yang tiada pasti. Ia pun gegab membasuh wajahnya dengan air wudhu ,,kemudian ia bermunajat pada tuhanya, gerakan demi gerakan dilalui dengan kekhusuan, setiap lavad yang keluar dari mulutnya disertai dengan kepasrahan,, hinggaia selesai dalam gerakanya. Ia berharap padatuhanya,
“Ya alloh ya tuhan kami …Engkau yang maha tau…ya allohEngkau yang memiliki cinta ini, Engkau yang manjaga cinta ini, seperti engkau menjaga jiwa ini, Tak ada tempat bergantung selain dirimu ya tuhanku Dan tak ada pintu sekalipun yang kuketuk selain pintuMU yaalloh…Engkau yang memberikan cinta ini. `Ya robbi yang maha pengasih dan penyayang engkau yang tak kan membiarkan diriku ini sendiri Tak ada tempat bergantung selain diriMu, ya alloh Kuserahkan cinta ini kembali kepada mu ya alloh, karena engkau lebih tau dari umatmu”
Burung-burung berkicauan disela- sela kamar mengundang hasrat untuk memandangnya, ditengah kegalauanya,,, sekalipun dalam keyakinanya usai dipasrahkan pada ilahi robbi,,,, namun, bukan berarti kegelisahanya usai disitu,, dia mencoba untuk mengistirahatkan perasaanya,  namun tak sedetik pun ia dapat menghilangkan bayangan yang mengeluti di mata dan hatinya. Hey,,,,,,sulthon?Terdengar suara paicong dari kejauhan yang hendak nyamperin dirinya, hey ngapain lho melamun aja,,, pagi-pagi udah melamun? Apa lho gak nyadar,,bentarlagi ada ujian? Apa sih lho rese banget“ jawab sulthon” mang ada ujian apaentar? He he he nih pasti gara-gara fiyah, yakan? “ ledeknya” kagak kok, mang ngapa elo kok rese banget ma gua,, ohy antar ujian apa cong? “Sahut sulthon”.
Dengan geram sulthon menjawab  “apa sih lho kok Sotoi banget” udahlah lho gak usah ngelak lagi, kalau elo emang cinta ma fiyah ngapa gak elo tembak aja? Thon,, dengerinya? Kalau elo emang cowok ngapain lho gak punya nyali, gua kenal elo udah lama thon? Kita udah tiga tahun temenan, sepondok, sekamar, sekelas juga? Gua kenal banget siapa elo. Kalau elo bisa prensentasi dengan baik,,,pidato dengan baik dan rajin menabung? Eeeee,,,,,, sori maksudgua dengan baik  dan tidak sombong, ngapain elo harus minder nyatakan cintadengan fiyah,
dengan nada yang lemes “sulthon menjawab” bukan gitu cong, guaemang bispresentasi dengan baik, berbicara dengan dihadapan orang banyak, namun. Ketika gua ketemu ma fiyah. Gua down banget?Terasa seperti malaikat yang hendak menjemput gua. Sahut paicong, ya itulah arti sebuah cinta, cinta tidak mempunyai alasan, kenapa kamu mencintai, sebab, cinta adalah bahasa hati dengan hati,, cinta tak perlu dikatakan dengan kata-kata namun, cinta harus dirasakan dengan sepenuh jiwa.
Elo emang benar cong? Tetapi, elo tahu sendiri, hanya gua yang mencintainya, fiyah, belum  tentu sebaliknya dengan gua? Mangkanya dari awal kita masuk semester empat, gua selalu down, ketika bertatapan dengannya, gua diem seribu bahasa cong. Sanggah  paicong, apa elo yakin, kalau fiyah kagakcinte ama elo thon?  Ya gua kagak tau juga cong? Gua kagak bisa merasakan kalau ada rasa cinte di matanya? Ya kan itu itu bisa jadi hanya sebatas halusinasi elo aja thon? Dari pada elo hanya terbawa ketakutan elo yang tidak pernah pasti? Lebih baik elo unggkapin aja dech?
Gua takut cinte gua kagak diterime cong? Elo tahu dari mana thon, kalau elo kagak diterima. Elo nembak aja kagak? Elo tuuh makin tua makin dodol? Udah kagak usah khawatir? Entar nih ye, gua setting elo-elo pade di tempet yang lumayan romantic. Aduh gimanye,,,cong? Gutakut bener nih? Udeh elo kagak usah takut?Kemudian si paicong dan fitri dan kawan-kawan mensettingalurnye,,, cong ape elo yakin,, si sulthon bener-bener demen ame fiyah, tanyafitri? Ya yakin banget fit? Si sulthon udah curhat amgue? Mangkanya gue minta bantuan elo-elo pade. Terus gua gimana cong “Tanya fitri dengan penasaran” elo cukup ngajak si fiyah untuk datang ketempat biasa, jawab paincong? Terus kalau fiyah kagak mau, gimana? Jawab fitri, ya elo harus bisafit, demi temen kita? Kukuhkan paicong.
Dari arah barat sinar matahari yang mulai memerah-merah,,,jalan-jalan mulai terasa hening, hal itu menandakan bahwa sang surya akan beristirahat,, kehidupan dikota tentu seperti biasa, ketika sore datang,,,, lalu lintas mulai dipenuhi oleh orang-orang yang baru pulang dari kerja. Ditengah-tengahkeramaian ini sulthon Nampak galau, dari arah depannya terdengar suara“hey thon, ayuk ikut gua ternyata suara paicong? Mau kemanelo? Tanya sulthon?Udah ikut aja gua,,,,,perkuat paicong? Ye ye,,,,bentar ye? Dengan wajah yang berlawanan melaju sebuuah sepeda motor, dengan kecepatan yang sangat kuat?Elo kagak bisnyantai ape cong, Tanya sulthon? Mang ngape thon, elo takut? Yakagak, cuman nyantai aja ngape? Ye ye ye,,? Nyampelah mereka berdua,
Ngapain elo ngajak kesini cong, kurang kerjaan aja? Udah elo kagak usah banyak bacot dah,nih gua mau bantu mimpi elo, biar elo kagak mimpiin cinta elo to? Hati bergetar kencang kaya mau lepas,bulu roma berdiri, begitulah yang dirasaakan sulthon, saat sulthon tahu kalau didepanya ada al-fiyah. Elo ngapa thon? Tanya paicong? Sulthon tidak menjawab dan terdiam seribu bahasa? Nah sekarang tugas gua udah selesai, gerta paicong? “Maksud elo” dengan penuh rasa kaget ucap sulthon,, daun daun saling berjatuhan, berserakan mengenai wajah mereka berdua, dengan penuh rasa ibah dan gelisah sulthon pun mulai mendekati fiyah, saat mata bertatapan, bulu mata yang sulit berkedip,,, mulut terasa terkunci, hati terasa bergetar bagaikan maut menjemput,,, elo ngapa thon?“ tanya fiyah” E,,eee,,,,e kagak apa-apa, kok? Mang ada apa dengan gua?“jawab sulthon” kok elo tanya gua, kan gua yang harus tanya ma elo? Ngapain elo manggil gua disini? “Tanya fiyah”
Kok elo tanya gua sih, gua aja diajak paicong “ sanggah sulthon” jadi elo kagak manggil gua nih thon “ dengan wajah yang muram fiyah menjawab”Ooooo jadi gua dikerjain anak-anak nih? Ya gua kagak tahu, tadinya juga gua kagak tahu mau diajak kemana ma paicong “ sanggah sulthon”,,, ya udah kalau gitu thon,,,, gua mau pulang dulu, lagi banyak kerjaan,,,, “minta fiyah”,,,E,,,,eeee kok buru banget sih? Tunggu bentar ngapa? Dengan wajah yang menyedihkan “sulthon mintanya” terus mau ngpain lagi,,, elo ada urusan  ma gua apa? “Sergah fiyah” E,,,,eee,,eee ya,,,aaa,,, ada sih,, elo kagak keberatankan nemenin gua disini bentar aja, gua pingin ngomong sesuatu ma elo? “Minta sulthon”
Dengan muka yang musam,,, disertai rasa kesel fiyah menjawab “ mang elo mau ngmong apa sih” Eee,,,eeeeee,,,, see,,,,eeebeenarnyaaaa sih gua pingin ngomong,,, dengan penasaran fiyah memotong “ya ngomong aja”,,, yaa,,, seeeebeenarnya gua,, pinnnnnngiiiin ngomong,,,,,, ya ngomong aja, dari tadi elo cuman bilang mau ngomong mau ngomong aja “jelaskan fiyah” ya tuhanku,,,,,, begitu sulit bagiku untuk mengatakannya,,,,,,ya tuhanku help me “guman dalam hati sulthon”  sekujur tubuh bergetar kuat diserpa angin yang datang begitu kencang,, membelai rambut fiyah,,, dan menutup mata sulthon yang amat kecil hingga nampak kalau sulthon memejamkan mata.
Fiyah,,, sebenarnya gua,,,, gua,,, gua,,,sangat,,,,sangat,,,,,sangat,,,,, “ sangat apa thon” senyuman keluar dari raut wajah fiyah,,,, dengan bola mata indah,, hidung yang amat kedalam,,,hingga nampak seperti tanpa hidung,, sulthon tercengang melihatnya yang begitu anggung, dan mempesona,,, membuat sulthon makin cinta kendati sulit untuk mengatakannya “gumam sulthon dalam hati”
Begini fiyah gua mau ngomong ama elo,,,, bismilillahirrohmannirrohim,,,,, fiyah yang cantik,,, yang menawan lagi mempesona,,,,,demi nama tuhanku,,,,,dan kekasihnya,,, gua cintaaaaaaaaaaaaaa ama elo,,,,? “dengan memejamkan mata sambil berharap cintanya diterima sulthon mengatakan”  hati fiyah terasa tersambar ali-ali lintar disore hari,, mendengar ucapan sulthon,,,ia pun jadi salah tinggkah,, thon,,, elo tadi bilang apa “tanya fiyah” gua bilang kalau gua cinta ama elo “ dengan tegas ia mengatakan”,,,, elo kagak salah ngomong thu thon “ fiyah komen” kagak thu? “ jawab sulthon”
Thon sebelumnya gua minta maaf,,,,gua kagak bisa nerima cinta elo?“dengan nada amat sedih fiyah menjawab”disela-sela kegelisahan sulthon,,, ia mulai bingung,,,kepala dikaki, kaki dikepala,,, mendengar ucapannya,,,, eeee,,,eee gua sih nyadar,,, kalau dari awal hanya gua yang mencintai elo,,,, sebaliknya elo kagak bisa mencintai gua,, namun apa elo kagak mencintai gua yah? Terus ngapa elo kagak mau dengan cinta gua? Dengan meneteskan air mata dipipinya ia tetap meminta penjelasan darinya,,, fiyah pun bingung harus darimana ia memaparkan,,,,disisi lain ia mengaguminya karena kepribadiaanya yang begitu sholeh,, cerdas,, pemberani, dan agamis banget. Namun saat itu memang ia tidak memendam rasa terhadapnya,,, dengan nada agak galau ia menjawab,,, sekuali lagi gua minta maaf ama elo thon? Gua pingin serius ma belajar gua, gua kagak mau terlalu banyak beban yang harus gua fikirkan? Gua inget banget pesan ortu gua,, gua disuruh untuk serius dulu untuk belajar, bukan pacaran? Oleh karena itu gua kagak mau mengotori kertas yang masih putih ini dengan tinta-tinta pecintaan? “Jawab fiyah”
Cinta emang kagak bisa dipaksa,,,, cinta lahir dari sebuah jiwa,, yang merasa takjub,, meski cinta tak dapat ku uraikan dengan kata-kata,,, gua hanya minta satu hal,, biarkan gua mencintai elo, sampai elo mencintai gua,,, itupun kalau elo bisa? Kalau elo kagak bisa juga kagak apa-apa? Gua kan tetap mencintai elo insa allah. “Jawab sulthon” Awan-awan bergumul,, yang semula dilanda oleh angin-angin yang menerpa sebuah asmara,,, kini berubah menjadi,,, luka sukar untuk dilupakan, mereka pun kembali dengan membawa perasaa sedih, dan galau. Dren-dren dreeeeeeeen-dreeeeeeeeeeen suara motor paicong tak lagi dihiraukan olehnya. Dia merasa bahwa dunianya telah usai. Kemudian dia dihantarkan paicong kekamarnya. Paicong pun ikut bersedih melihatnya.
Dia berusaha menghiburnya dengan berbagai cara,,, namun, begitu sulit baginya untuk melupakannya. Elo emang kagak bisa langsung melupakannya thon “cemooh paicong” tapi setidaknya elo masih bisa untuk mencari penggantinya,,, elo thu cowok yang serba bisa, cool, elo banyak kemahiran. Udah dech elo lupain sih fiyah,, elo buka lagi kehidupan elo,,,, dengan warna-warna yang indah dan menarik buat kita bersama. “Nasehat paicong”
Elo emang bisa ngomong kaya gitu,, elo kagak ngerasakan betapa sakitnya hati ini,, kagak mudah melupakan seseorang yang kita cintai, walaupun dia belum bisa mencintai gua, tapi gua yakin suatu hari nanti, dia akan mengetahui betapa besar cinta gua ke dia, karena, gua yakin, niat yang baik, tentu akan mendapatkan seseatu yang baik. Tuhan tidak akan mempersulit hambanya,,, sebab, cinta ini hadir,, karena tuhan yang telah menicptakan,, dan tuhan juga yang akan mengembalikan,,, dihati ini tak akan pernah sedetikpun akan menghilangkan dirinya, hadirnya dirinya,,,, bagai bulan yang menyinari disela-sela kegelapanku,,, namun, apa dayaku, munkin saat ini tuhan belum membukakan pintunya, untukku.
Begitu anggun asmara yang dibangun dengan rasa yakin karena tuhannya, tidak ada seorang pun yang mampu melakukannya, begitulah seorang sulthon. Suara gemeruncung,,,, dedaunan bergoyang-goyang hingga menidurkan khayalan seorang gadis pesantren, ia mengingat kata-kata yang lontarkan sulthon, hingga ia mencoba memikirkan dan memasrahkan pada tuhanya, ya tuhanku,,, munkinkah, ia seorang yang akan menemani aku dalam canda maupun tawa,,,, dan begitu sulit untukku, “ia selalu mengingat kata-kata ortunya”,ketika kamu sedang menuntut ilmu, maka, lepaskan segala urusan yang membebani fikiranmu,, yakinlah kendati engkau tidak berhubungan dengan seorang cowok pun kamu akan mendapatkannya, sebab, tuhan tidak akan melangggar janjinya.
Tak ada gading yang retak, begitulah kata-kata yang tepat untuknya,, hingga akhir perjumpaanya di meja MA nya,,,, mereka berpisah menempu jalannya masing-masing,,sulthon pergi kenegri seberang sana, sementara fiyah meneruskan massa depannya disana, yang tidak terlalu jauh dari rumahnya. Sulthon pun merasa “ pupuslah rasa cinta gua” dia makin tak berdaya,,, suatu hari ia bermimpi dengan imajinatifnya, apakah dia bisa bertemu dengannya lagi apa tidak.
Angin berhembus dari belahan nusantara, membawa hawa yang menyegarkan jiwa,,,di kala duka maupun bahagia,,,, duduk-duduk ditepi pantai,, disertai canda tawa,, tak terasa bisa mengurangi melamunku “ujar sulthon”terlihat ombak yang berkejar-kejaran, hingga pada akhirnya ia menemukan sebuah ide, untuk keluar dari mimpi-mimpi yang mengangu jiwanya.Ehhhheeeeee,,,,,oke sipz.... kemudian dia mencoba mengambil sebuah kertas dan diwarnai dengan catatan “ wahai tuhanku engkaulah yang menghadirkan cinta didalam hati ini, dan engkau pula yang akan mengenbalikan cinta ini,, ohy tuhan jikalah dia adalah pasanganku maka dekatkanlah,,,, sedekat-dekatnya,, jikalah dia bukan jodohku maka jauhkanlah, sejauh-jauhnya,,, hingga ku tak bisa memandang di dunia ini,, namun satu yang ku pinta wahai tuhan “satukanlah cinta ini sekalipun dialammu wahai tuhanku”
Kemudian ia memasukan tulisanya kedalam sebuah botol, dengan menutup mata,,, di sertai dengan kepasrahan terhadap tuhanya,, dan cintanya,,, ayunan tangan kanan,,, terlihat begitu semangat,, mulut pun mengucapkan kata-kat terindahnya,,,,, “ allahu akbar” benda melayang-layang di udara,,, ia pun memandangi dan berharap bisa dibaca olehnya,,,,, begitulah cinta gua,,, cinta yang gua sangat yakin akan memihak kepada gua,, entah itu didunia gua atau di dunianya, dari mulutnya terdengar kata-kata indah,,,, thank you oh  good.
                                       ***************

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KISAH CINTA SMA"

Post a Comment