FACEBOOK DAN PEMAKAINYA; UNTUK PEMULA DAN INFORMASI





BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Di era modern, hal-hal yang berbau teknologi informasi merupakan sesuatu yang mudah mendapatkan fokus dan penerimaan dari masyarakat modern. Facebook sebagai suatu trend terbaru di masyarakat modern telah mendapatkan tempat yang istimewa bagi 200-an juta penggunanya, karena kemudahan dan keunggulan-keunggulan lainnya. Di satu sisi, masyarakat modern yang tampil dikatakan mengungguli masyarakat tradisional, ternyata memilih untuk meninggalkan rasionya dan menggunakan emosinya dalam ber-facebook. Tidak hanya itu, tetapi dampak yang ditimbulkan feacebook ternyata sudah membuat resah beberapa pihak dikarenakan ‘candu’ yang diberikannya. Oleh karena itu, menarik untuk disimak bagaimana masyarakat modern menyikapi fenomena facebook sebagai bagian dari budaya modern.
Makalah berikut disusun berdasarkan keingintahuan penyusun untuk membandingkan hubungan yang terjadi antara fenomena facebook dan masyarakat modern serta dampak sosial yang ditimbulkannya bagi masyarakat modern itu sendiri.
Facebook sebagai fenomena telah dengan cepat mengungguli beberapa situs-situs pertemanan global seperti friendster, myspace, hi5, dsb. Situs-situs pertemanan tersebut, tidak lain dan tidak bukan, bertujuan mempromosikan diri dan teman-teman yang dimilikinya ataupun orang lain yang dapat menjadi teman, baik dalam dunia nyata maupun dunia cyber.
Kepopuleran facebook antara lain didukung oleh tampilannya yang sederhana namun menggugah, yaitu berisikan informasi-informasi tentang teman-teman kita, hal-hal yang mereka pikirkan, foto-foto dan kemampuan untuk melakukan pembicaraan secara langsung.
Atas dasar itulah, kebanyakan yang menjadi fokus utama dari situs-situs pertemanan tersebut antara lain: komentar-komentar atas hal-hal aktual yang sedang terjadi, baik di masyarakat maupun diantara hubungan pertemanan mereka, foto-foto atau gambar-gambar yang dapat di-upload kemudian diberikan komentar oleh teman-temannya untuk menunjukkan ketertarikan ataupun hanya sekedar komentar lucu, beberapa aplikasi penunjang seperti game-game online yang dapat dimainkan bersama-sama secara simultan ataupun kuis-kuis yang dapat memberikan sedikit pencerahan mengenai kepribadian penggunanya  ataupun mereka yang diajak untuk mengikuti kuis-kuis tersebut.
      Masyarakat modern, tidak dapat dipungkiri senang dan menerima terhadap penemuan-penemuan baru, mereka menyikapi hal-hal baru dengan antusias tidak seperti masyarakat tradisional yang keukeh berpegang pada ajaran dan tradisi yang diwariskan turun-temurun, tanpa memiliki kemampuan untuk menyanggah ataupun mempertanyakannya. Facebook telah mendapat hati di masyarakat modern karena selain fungsinya yang memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern atas hal-hal yang baru, ia juga menjawab kebutuhan dasar setiap manusia sebagai makhluk sosial yaitu kebutuhan untuk berteman.
      Walaupun demikian, beberapa pihak telah memberikan kritik negatif atas kehadiran facebook yang mereka anggap sudah menjadi ‘candu’ bagi beberapa orang sehingga membuat mereka mengalami penurunan produktivitas. Hal yang sedikit banyak mengkhawatirkan karena akan memiliki pengaruh yang buruk tidak hanya bagi facebookers1, tetapi juga bagi orang-orang disekitarnya yang mengalami kesulitan komunikasi karena dominasinya yang begitu kuat dalam diri para facebookers mania.

B.   Rumusan Masalah
1.    Pengertian Facebook
2.    Dampak Positif dan Negatif dari Facebook
3.    Tujuan Pengguna Facebook
4.    Perbedaan dengan Perangkat Lain dari Facebook
5.    Pertama Kali yang Menemukan Facebook
6.    Manfaat Facebook
7.    Sejarah Facebook
8.    Langkah-langkah Menggunakan Facebook


C.   Tujuan Makalah
Sesuai dengan perumusan masalah di atas, makalah ini bertujuan memberikan informasi, pengetahuan dan atau wawasan keilmuan khususnya tentang keberadaan jejaring sosial facebook yang sekarang ini menjadi kesibukan utama banyak kalangan baik tua, muda, laki-laki maupun perempuan.

D.   Manfaat Makalah
1.    Memberi kontribusi keilmuan menyangkut wawasan tentang jejaring sosial kepada pembaca khususnya siswa SMAN 1 Kempo kelas XI yang sedang menekuni materi TIK.
2.    Menambah wawasan keilmuan pribadi penyusun dalam pembelajaran TIK.
3.    Memotivasi diri penyusun untuk terus mengkaji informasi-informasi menyangkut TIK.
4.    Mengajak seluruh pembaca lebih khusus teman-teman agar terus menggali ilmu tidak hanya di sekolah, tetapi juga mencari sumber belajar di luar sekolah.

BAB II
PEMBAHASAN

A.   Pengertian Facebook
Facebook berasal dari olah pikir seorang mahasiswa sarjana psikologi tahun kedua dari Universitas Harvard di Amerika Serikat yang sedang mencoba menghilangkan kegelisahannya tentang seorang gadis. Dengan menggunakan Facemash, Mark Zuckerberg pada Oktober 2003 meng-hack, dan kemudian menyalin semua identitas mahasiswa Harvard yang memungkinkan mereka untuk diadu dengan kampus-kampus lainnya, dalam menentukan siapa yang lebih keren diantara mereka.
"But one thing is certain, and it’s that I’m a jerk for making this site. Oh well. Someone had to do it eventually ... ".
Zuckerberg kemudian mem-forward situs hasil rekayasanya ke kampus-kampus lain dan dalam beberapa hari ditutup oleh administrator kampusnya. Tidak hanya itu, ia juga menghadapi tuntutan atas pelanggaran keamanan cyber kampus, pelanggaran hak cipta dan hak atas privasi yang mana memungkinkan untuk vonis pengeluaran dirinya dari Harvard.
Pada semester selanjutnya, ia membuat dan mendaftarkan situs www.thefacebook.com yang sudah menjadi pembicaraan utama di lingkungan kampusnya. Tidak hanya itu, dengan bantuan beberapa teman-temannya di program magister seperti Eduardo Saverin (business aspects), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (graphic artist), dan Chris Hughes (marketing), mereka telah berhasil memindahkan markas mereka dari Harvard ke Palo Alto, California dalam waktu 2 tahun.
Selanjutnya mereka  membeli domain www.facebook.com seharga USD 200 ribu dengan keanggotaan yang tersebar dari kampus-kampus di Amerika Utara dan Kanada, sampai membuka markas internasional mereka di Dublin, Irlandia 2 tahun setelahnya.
Pada prinsipnya, dari penggunaan yang terbatas pada lingkungan kampus telah dengan cepat berkembang menjadi bagi “siapapun yang berumur lebih dari 13 tahun dan memiliki alamat email yang valid”, dari yang merupakan hasil keisengan seorang mahasiswa menjadi lahan bisnis yang menggiurkan dan membuat Zuckerberg menjadi miliader di usianya yang baru 25 tahun dan dari yang lokal menjadi global, merupakan beberapa alasan yang menyebabkannya menjadi suatu fenomena, karena dengan lebih dari  jutaan orang yang mengakses situs tersebut setiap detiknya, maka menimbulkan suatu histeria tersendiri bagi masyarakat modern.
Kemajuan teknologi komunikasi telah menyebabkan kita tidak perlu bersusah-payah mengirimkan surat lewat pos (walaupun hal tersebut masih lumrah dilakukan) kemudian menunggu balasannya dalam beberapa hari atau pekan. Dengan facebook, yang salah satu fitur favoritnya disebut dengan istilah wall, seseorang dapat dengan mudah menuangkan isi hatinya kepada orang yang ditujunya dalam hitungan detik; dan menerima komentar balasan, yang apabila diinginkan oleh si penerima komentar, dalam hitungan detik.
Tidak dapat dipungkiri bahwa suatu perkembangan dalam peradaban manusia pasti akan memberikan dampak yang memajukan dan pasti memburukkan, disadari atau tidak, dikehendaki atau tidak. Jadi, selain dapat mempromosikan diri sendiri dan teman-teman yang dimilikinya, facebook pun telah mendapat banyak kritik yang antara lain diakibatkan karena rentannya situs-situs pertemanan semacam ini dengan gangguan data-miner yang ingin mengumpulkan sebanyak-banyaknya data (termasuk didalamnya data pribadi) facebookers untuk dijadikan dasar riset marketing terhadap trend apa yang sedang berkembang dimasyarakat; karena sekali lagi jumlah 200 juta adalah pasar yang menggiurkan bagi beberapa perusahaan raksasa yang memang tujuan utamanya adalah meraup keuntungan semaksimal mungkin dengan melakukan pengorbanan yang seminimal mungkin.
Contoh nyata adalah kerjasama yang telah dibangun oleh Microsoft Corp. yang pada prinsipnya bekerjasama dalam bentuk kepemilikan saham facebook oleh Microsoft dengan imbalan hak khusus Microsoft untuk beriklan di situs www.facebook.com.

B.   Dampak Positif dan Negatif
Jadi, dampak sosial yang ditimbulkan oleh adanya facebook, selain dari jumlah pengikutnya yang hampir mencapai total penduduk negara kita, Republik Indonesia dalam jangka waktu kurang dari 10 tahun, dapat saya bagi menjadi positif dan negatif.
  1. Dampak positif facebook:
a.    menjembatani hubungan pertemanan, facebook menjadi salah satu media untuk menyalurkan hasrat dasar manusia sebagai makhluk sosial yaitu untuk berteman.
b.    membangun rasa percaya diri, butuh kepercayaan diri yang kuat untuk dapat berteman dengan mudah dan facebook telah memberikan kuncinya.
c.    meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan facebookers atas hal-hal yang aktual dengan lebih cepat dan akurat, karena biasanya informasi yang beredar belum tentu sepenuhnya benar, maka facebook memampukan anggotanya untuk saling bertukar informasi yang mana merupakan keharusan dan kehausan masyarakat modern (informasi)
  1. Dampak negatif facebook:
a.    menuntut perhatian penuh dari penggunanya, disadari atau tidak facebook telah menjadi hampir sama dengan rokok: sehari tanpa facebook rasanya ada yang kurang, dan itu mulai dialami sendiri oleh penulis
b.    mengambil alih hubungan pertemanan yang sesungguhnya, yaitu bertemu muka, bercakap-cakap dan memperhatikan gesture seseorang untuk menentukan arah percakapan; sedangkan yang ditawarkan facebook hanyalah huruf dan angka serta beberapa emoticon7
c.    menurunkan produktivitas,
d.    menghabiskan waktunya yang sia-sia
e.    mengupdate profile, foto, menulis di wall, baik miliknya ataupun milik temannya dengan hal-hal yang sia-sia
f.     bermain game online, yang seringkali dipergunakan oleh para pria sia-sia untuk mencari wanita sia-sia juga, untuk diajak berkenalan (membangun hubungan yang sia-sia)
g.    ajang promosi produk sia-sia, dalam hal ini produk yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan tetapi keberadaannya diminati orang banyak, seperti blackberry, iphone, dll.
h.    mengupayakan agar waktu yang dimilikinya menjadi waktu yang sia-sia agar dapat mengakses facebook miliknya

C.   Tujuan Pengguna
Facebook yang didirikan dari ketidaksengajaan dan kesengajaan seorang pemuda ternyata mampu menjadi fenomena yang menarik untuk disimak dalam konteks masyarakat modern. Kehadirannya lebih dari sekedar pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri yang menurut Abraham Maslow5 adalah tingkat kebutuhan tertinggi manusia, tetapi juga merupakan suatu momen bagi masyarakat modern untuk mempertanyakan hubungannya dengan sesama.


Setelah membuka sendiri account di facebook maka kita akan memahami tujuan terpenting dalam facebook antara lain:
·         hubungan yang terjalin antara facebookers, lebih mengarah atas dasar kedekatan emosi yaitu saling mendukung atau sekedar membuat lelucon
·         seringkali, berdasarkan pengamatan terhadap teman-teman yang menggunakannya, facebookers justru mengakses account milik temannya daripada memperindah accountnya sendiri
·         tidak dapat dipungkiri juga bahwa ‘kegilaan’ terhadap facebook telah memunculkan mereka-mereka yang narsis6, merasa seakan-akan semua perhatian tumpah kepadanya, apalagi dengan  tampilan-tampilannya yang dapat diatur sesuka hati
Terlepas dari kepopulerannya tersebut, akan ada suatu saat penurunan baik kuantitas maupun kualitas facebook karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang bosan. Jadi selagi belum ada hal-hal baru, yang sebenarnya juga termasuk lama, ditemukan maka facebook akan masih tetap menjadi situs pertemanan global yang paling dicari orang untuk saat ini.

D.   Kelebihan dan Kekurangan Facebook
1.    Kelebihan
Beberapa keunggulan atau kelebihan facebook:
a.    Clean Layout, layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak gampang ditemukan.
b.    No advertising, tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki block atau feature yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak akan menyangka itu adalah iklan.
c.    Network, pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utam kita berdasarkan negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang berada di Indonesia.
d.    Group, berbeda dengan Friendster yang mengharuskan kita membuat account untuk komunitas atau sekolah di Facebook kita bisa membuat group dimana group ini memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.
e.    Photo Album, kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori. Dan fantastisnya jumlah foto tidak dibatasi alias unlimited.
f.     Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lainnya. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan buletin.
g.    Event, kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita ingin pengguna lain tahu. Misalnya ada party, atau launching produk kita bisa mengisi event dan pengguna lain bisa melihatnya. Di friendster lagi-lagi cuma bisa masuk di bulletin.
h.    Status update, kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
i.      Mobile access, fitur yang sangat mobile. Kita bisa update status, add friend, atau kegiatan di Facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS Banking.
j.      Mobile Browsing, bisa mengakses website Facebook langsung dari handphone kamu. Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi handphone akses lebih mudah dan cepat dibanding mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone.
k.    Anti Fake account and Spam, Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account palsu dan spam. Untuk mendaftar dengan nama yang bisa dicurigai account palsu kita harus mengirim request ke email untuk dibuatkan account oleh technical support Facebook. Untuk tiap aksi posting maka kita harus mengisi CAPTCHA untuk mencegah spam, bila tidak ingin terus menggunakan CAPTCHA, kita bisa menverifikasi account dengan mengirim konfirmasi ke HP kita dan kemudian mengisi form verifikasi sesuai kode yang dikirim ke account kita.
l.      Develop your Facebook widget, kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil kita menggunakan API dari Facebook platform. Bisa buat game, feed reader, dan aplikasi lainnya.
m.   Bandwith yang dipakai tidak terlalu besar, sehingga Surf di Facebook lebih cepat daripada di Friendster.
n.    Tag Photo dengan fitur ini, maka saat foto bersama, sesama pengguna facebook bisa “tagging” atau menandai orang lain yang ada dalam foto tersebut, dan akan terkirim ke facebook orang yang di tag.
o.    Banyak game bagus yang bisa langsung dimainin di facebook langsung. Selain itu Top quality girl dah pada pindah haluan ke Facebook.


2.    Kekurangan
Ada kelebihan, ada pula kekurangannya. Kekurangan Facebook menurut orang Indonesia:
a.    Pada saat sign up terkadang membingungkan para pengguna yang awam.
b.    Karena banyaknya fitur sehingga buat user yang masih awal pasti merasa bingung.
c.    Aplikasinya tidak dibatas, sehingga banyaknya aplikasi yang dipasang membuat beberapa orang jengkel karena harus lama meload halaman. Selain itu menurut beberapa orang mengalami kesulitan ketika join aplikasi.
d.    Banyaknya invitasi aplikasi terkadang membuat beberapa orang jengkel.
e.    Facebook kurang friendly sama orang yang suka gonta ganti background dan layout. Sehingga terasa lebih monoton.
f.     Pengguna Facebook di Indonesia masih sedikit jika dibandingkan Friendster.
g.    Facebook masih terasa exclusive sehingga belum merakyat seperti Friendster.
h.    Mengekslorasinya masih belum sebebas friendster.

E.   Perbedaan Facebook Dengan Situs Jejaring Sosial Lainnya
1.    Facebook vs Twitter
Ada beberapa perbedaan yang mendasar tentang Facebook dan Twitter. Salah satu yang mungkin cukup signifikan adalah perbedaan dalam hubungan antara setiap individu dalam kedua situs jejaring sosial tersebut.
Pada Facebook, hubungan sosial antara dua individu bersifat komutatif. Maksudnya, jika si A berteman dengan si B, sudah pasti si B juga berteman dengan si A. Berbeda dengan Facebook, Twitter menggunakan sistem following-follower. Pengertian following adalah orang-orang yang kita ikuti update statusnya, sedangkan follower adalah orang-orang yang mengikuti update status kita. Pada sistem ini, jika si A follow (mengikuti) si B, maka si B tidak harus selalu mengikuti si Si B bisa memilih sendiri siapa-siapa yang ingin dia ikuti update statusnya.
Jadi perbedaannya, kalau Facebook kan biasanya untuk hubungan personal dengan teman kita, sedangkan Twitter biasanya lebih ke untuk mendapatkan informasi“.
2.    Facebook vs Friendster.
Facebook memiliki kelebihan dibanding friendster, yaitu terdapat banyak aplikasi-aplikasi yang memungkinkan pihak ketiga menambahkan aplikasi-aplikasi baru, sedangkan friendster tidak. Kelebihan lain yang dimiliki oleh friendster tapi tidak dimiliki oleh facebook adalah kemampuan untuk mengganti layout atau background sesuai keinginan kita. Dan memang banyak sekali perbedaannya antara FS dan FB. Antara lain yang sampai saat ini aku perhatikan: Facebook itu lebih ringan dan cepat ketika Kita buka profile seseorang, ini karena di facebook tidak ada yang namanya komentar dengan gambar-gambar animasi yang bikin berat loading halaman atau file musik yang menjadi background seperti di FS. Masalah komentar, FB berbeda dengan FS, Kalo di FS komentar atau testi itu nampak seperti yang kasih komentar dulu yang pertama menyapa itu, lalu Kita menjawab / membalasnya dengan mengisi komentar di FS dia itu. Nah, kalo di FB, Kita ini bisa menulis status kita pada hari itu, pada saat itu juga, misal, Kita menulis status Kita “Saya sedang dalam perjalanan ke Bulan, asyik euy…” misalnya. Nah, nanti itu, semua orang yang masuk dalam daftar teman Kita dapat melihat status Kita dan memberi komentar langsung. Dan Kita pun dapat langsung menjawab komentar-komentar meraka langsung di bawahnya.
3.    Facebook vs Website/Blog
Website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.
Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.
Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.
Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
dalam perkembangannya sebuah webiste sering kali bersifat statis dan aplikatif, sedang sebuah blog bersifat dinamis dan personal menurut opini saya.
Pengertian Facebook – Dewasa ini penggunaan situs jejaring sosial sebagai media berinteraksi sosial secara online sudah begitu meluas bahkan mendunia. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bergabung dalam situs jejaring sosial seperti facebook ini. Diantaranya dapat berkoneksi dengan teman, baik itu teman baru atau lama, keluarga, dll tanpa terhalang oleh jarak tempat.
Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan banyak fitur hiburan yang tersedia secara gratis. Diantaranya quiz, games, chat, dan masih banyak yang lainnya. Game yang menjadi favorit facebooker diantaranya Texas Hold’em Poker (Zynga Poker), Farmville, dll.
Bagi para remaja, facebook juga difungsikan sebagai ajang narsis biar eksis. Diantaranya dengan mengupload koleksi foto pribadinya yang biasanya tak jarang merupakan hasil editan. Bagi yang tak suka narsis dan eksis biasanya lebih suka menggunakan avatar atau gambar binatang lucu untuk foto profilnya. Sekedar info, untuk mengedit foto secara online ataupun membuat avatar silahkan anda kunjungi halaman berikut daftar situs edit foto online.

F.    Sejarah Dan Perkembangan Facebook
Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg. Mark Elliot Zuckerberg atau Mark Zuckerberg lahir lahir pada 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester County, New York, Amerika Serikat (AS).
Asal mula Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu mahasiswa semester II Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling “hot”. Untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.
Saking nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan). Atas tindakannya itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya, namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs serupa”.
Tidak kapok, pada semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL: http://www.thefacebook.com. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.2
Saat pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes.
Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D’Angelo dan Sean Parker.
Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.
Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.
Pada tahun 2005 ini juga, facebook telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di tahun yang sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.
Awal tahun 2006, Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750 juta, bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini tak terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners. Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan tahun, gilliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006, Facebook merubah status registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia.
Bulan September 2007, Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google, Viacom, Friendster juga mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook.
Pada Agustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar.


G.   Cara Menggunakan Facebook
Setelah membuat account Facebook , lalu apa yang akan kita lakukan selanjutnya?
Masukkan id (email dan kata sandi) yang telah terdaftar seperti yang ditunjuk pada gambar berikut :

Oke deh. Sekarang kita akan membahas antarmuka Facebook, “memahami apa saja yang ada” pada facebook ini. Sekarang, kita akan masuk ke account facebook kami. Ini lah tampilan halaman facebook setelah login :

Tampilan Home/beranda Facebook
Ada dua elemen dasar yang selalu ada di setiap halaman facebook :

1.    Menu Utama di atas halaman, elemennya (dari kiri ke kanan) :

·         Home/Beranda - link menuju halaman home / utama
·         Profile - link menuju profile anda
·         Friends/teman-teman - link menuju halaman berisi daftar teman anda, lengkap dengan status update-nya
·         Inbox - link menuju kotak pesan pribadi anda. Anyway, jika ada pesan baru di inbox anda, sebuah popup berisi jumlah pesan baru yang masuk dan belum terbaca akan muncul.
·         Nama Anda – Link menuju halaman profile anda, seperti link profile
·         Settings/pengaturan - Link menuju halaman pengaturan, dimana anda bisa men-setting account facebook anda, mulai dari merubah data pribadi, menambah atau meninggalkan networks, pengaturan notifikasi (e-mail yang dikirim ke alamat anda berisi update kegiatan account facebook anda), pengaturan dan pengaturan facebook mobile, dan pengaturan bahasa
·         Logout /keluar- Link untuk sign out (keluar) dari facebook
·         Form pencarian/kotak pencarian – Kotak untuk mencari facebook/account teman.  ;)

2.    Menu aplikasi yang “menempel” di bagian bawah browser (dari kiri ke kanan)

·         Application box – berisi daftar aplikasi yang di bookmark / terinstall dengan account facebook anda. Klik box ini, maka daftar aplikasi tersebut akan muncul, seperti ketika anda meng-klik icon start di sudut kiri bawah windows
·         5 bookmarked application icon – ikon 5 aplikasi teratas yang anda bookmark. Untuk menentukan 5 ikon yang akan tampil di menu aplikasi anda, cukup dengan klik appliaction box yang paling kiri itu, lalu di drag and drop ke urutan 5 dari atas, di bawah title bookmarks. Jika anda mengklik icon tersebut, anda akan dibawa ke halaman applikasi tersebut
·         Facebook Chat ( Online Friends ) - Di sebelah kanan, ada aplikasi facebook chat yang menunjukan ada berapa teman dalam friendlist anda yang sedang terhubung dengan facebook dan bisa anda ajak chatting via facebook chat. Klik, sebuah list berisi daftar teman akan muncul, terus klik seorang teman untuk diajak chat. lalu chatting. Easy, right? ;)
·         Notification - klik, maka sebuah daftar berisi notifikasi aktifitas terakhir yang berhubungan dengan anda akan muncul . Sangat bermanfaat, seperti melihat apakah ada seseorang yang mengisi dinding anda, dll.
·         Chat Setting - Untuk mengatur profile chatting anda. seperti membuat fitur chat berada di halaman sendiri yang terpisah agar lega, atau ingin berselancar di facebook tapi offline di facebook chat? bisa diatur disini :

3.    Elemen yang ada di halaman HOME, halaman pertama yang terbuka setelah login ke facebook :

Status Updates

Seperti Shout pada friendster, namun lebih berguna. Ketika anda menupdate status anda, status yang lama tidak hilang begitu saja melainkan “diarsipkan” dan masih bisa diakses. Makanya kalau bercandaan kami sih, ini fitur microblogging-nya facebook. :D
Feed yang berlokasi di “area utama” halaman home, dibagi kedalam beberapa tab, berdasarkan tipenya

News Feed

Feed aktifitas anda dan teman – teman yang ada di friendlist anda. Misalkan seorang teman anda baru saja menambahkan seseorang ke dalam friendlistnya, anda akan mengetahuinya karena “berita aktivitas-nya” akan muncul disini. Salah satu lahan promosi anda nih ;)

Status Updates (Feed-nya)

Ini dia twitter dalam facebook. LOL di tab ini, anda dapat mengetahui status terakhir dari teman – teman yang berada di friendlist anda, dan memberikan komentar kepada status mereka.

Photos

Feed dari aktivitas foto album anda dan teman – teman dalam friendlist anda. Upload foto terbaru, atau teman anda dan anda yang di tag ke dalam satu album

Posted Items

Feed item – item yang dipost oleh teman anda. (mulai saat ini, teman – teman dalam friendlist kami singkat menjadi teman ada. agar tidak capek membacanya :P). Link, Notes, Photos, Videos, pokoknya item yang dipost, pemberitahuannya ada disini.

Live Feed

Kurang lebih seperti News Feed, bedanya konetn Live Feed lebih ke aktifitas terakhir yang di lakukan teman anda

icon more

Belum cukup dengan feed – activity yang ada> Anda bisa menambahkan feed berisi kabar aktifitas lainnya di facebook! :D
Sekarang kita bergerak ke sidebar :

Request

Jika ada permintaan, entah permintaan menjadi teman atau ajakan menggunakan aplikasi terbaru, akan anda dapati “peringatan”nya disini

Application

Link menuju halaman Application yang anda bookmark.

Invite Your Friends

Kesepian di facebook? Undang teman – teman anda yang masih mendiami the old frienster dengan mengirimkan e-mail undangan anda. Klik, masukan alamat e-mail teman-teman anda, dan biarkan facebook mengirimkan mereka undangan bergabung

Pokes

poke, arti harafiahnya “colek”. coba lihat profile teman anda, di bawah avatar utamanya. Misalkan nama teman anda Anto, ada link “poke Anto”? Yep, poke merupakan fitur untuk itu. Misalkan anda mengunjungi profile seseorang, dan sekedar ingin memberitahukan pemilik profile tersebut bahwa anda mengunjungi profilenya, dari pada post wall yang tidak nyambung lebih baik di “poke”. Pokes yang ada di halaman home ini menunjukan orang – orang yang mem-poke anda

Birthdays

Sesuai namanya, mengabarkan jika anda teman anda yang berulang tahun

People You May Know

Aplikasi yang menganalisa jaringan friendlist anda, merekomentasikan orang lain yang mungkin anda kenal berdasarkan hal tersebut.


4.     Sekarang masuk ke halaman PROFILE. Tampilan halaman PROFILE :

Tampilan halaman profile facebook
Menu utama di atas dan menu aplikasi yang menempel di bawah browser tetap sama, namun kontennya berbeda. Garis besarnya, kita dapat mengatakan bahwa halaman profile facebook ini terdiri dari tiga kolom :
·         Kolom sidebar di sebelah kiri
·         Kolom utama yang berada di tengah
·         Kolom advertise di sebelah kanan
Kolom paling kiri berisi avatar utama, link kirim pesan, personal information, daftar teman, dan aplikasi – aplikasi yang ditampilkan di profile
Kolom di tengah berisi “main content” dari halaman profile yang disajikan dalam bentuk tab : Tab Wall yang berisi update status dan feed kegiatan anda sendiri, Tab Info yang berisi informasi personal mengenai diri anda, Tab Photos yang berisi foto yang anda upload DAN foto orang lain yang di tag dengan nama anda, serta foto – foto yang dikumpulkan menjadi photo album, tab boxes yang berisi aplikasi yang anda bookmark, dan tab + untuk menambahkan tab baru di profile anda
Kolom di sebelah kanan, berisikan advertising.

BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Facebook berasal dari olah pikir seorang mahasiswa sarjana psikologi tahun kedua dari Universitas Harvard di Amerika Serikat yang sedang mencoba menghilangkan kegelisahannya tentang seorang gadis. Dengan menggunakan Facemash, Mark Zuckerberg pada Oktober 2003 meng-hack, dan kemudian menyalin semua identitas mahasiswa Harvard yang memungkinkan mereka untuk diadu dengan kampus-kampus lainnya, dalam menentukan siapa yang lebih keren diantara mereka.
Tujuan terpenting dalam facebook antara lain:
·         hubungan yang terjalin antara facebookers, lebih mengarah atas dasar kedekatan emosi yaitu saling mendukung atau sekedar membuat lelucon
·         seringkali, berdasarkan pengamatan terhadap teman-teman yang menggunakannya, facebookers justru mengakses account milik temannya daripada memperindah accountnya sendiri
·         tidak dapat dipungkiri juga bahwa ‘kegilaan’ terhadap facebook telah memunculkan mereka-mereka yang narsis6, merasa seakan-akan semua perhatian tumpah kepadanya, apalagi dengan  tampilan-tampilannya yang dapat diatur sesuka hati

B.   Saran dan Kritik
Facebook adalah jejaring sosial yang menawarkan hubungan interaksi maya antara orang perorang, kelompok/group dengan group lainnya. Di mana di dalamnya terdapat fitur-fitur penting yang dapat kita ambil manfaatnya, dan ada pula hal-hal yang berbau negatif yang perlu kita hindari. Oleh karena itu, perlu kiranya kita mengenal seluk beluk facebook itu sendiri dan bagaimana penggunaannya agar bermanfaat bagi kita sendiri.


DAFTAR PUSTAKA

Supriyadi, Eko. 2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pusat Perbukuan Kemdikbud. Jakarta






Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "FACEBOOK DAN PEMAKAINYA; UNTUK PEMULA DAN INFORMASI"

  1. BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG

    Nama saya Amisha dari bogor di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp500,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 24 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 24 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah FANCY LOAN COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Suzan bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah tanpa agunan.

    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang Anniesa Hasibuan perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Suzan email: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (Amisha1213@gmail.com), dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).

    ReplyDelete